Selasa, 31 Mei 2011

0

'Pancasila Rumah Kita', A Tribute To Franky Sahilatua

Posted in , ,
Sejumlah tokoh seniman bersama beberapa penyanyi dan artis sinetron muda akan menghelat acara penghormatan untuk Franky Sahilatua, pemusik sekaligus aktivis yang telah tutup usia pada bulan April lalu.
Beberapa penyanyi dan artis sinetron muda, seperti Reza RahadianAtiqah Hasiholan,Teuku WisnuShireen SungkarGlenn FredlyBerlian HutaurukTompiEdo Kondologit, serta beberapa artis lain akan unjuk tampil membacakan puisi dan narasi kebudayaan, selain memainkan beberapa lagu karya Franky yang sarat kritik sosial.
Acara yang diinisiasi oleh Akar Indonesia bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta, Green Music Foundation, dan Kalyana Shira itu akan dilangsungkan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada Selasa (31/5) mendatang.
"Acara penghormatan untuk Franky ini sekaligus mengingat kembali soal idealismenya, Pancasila sebagai rumah kita," ujar Ratna Sarumpaet, seniman senior sekaligus penggagas acara tersebut.
Sementara itu bagi Dewan Kesenian Jakarta, acara 'Pancasila Rumah Kita' menjadi aksi lanjutan dari kampanye merespon kondisi semakin pudarnya kesadaran masyarakat atas multilkulturalisme bangsa. Juga sebagai pengingat atas kesepakatan berbangsa (Pancasila dan Sumpah Pemuda) yang saat ini seolah hendak dibelokkan menjadi dominasi satu kelompok saja.
"Kampanye bulan kemerdekaan bertajuk 'identitas Untuk Semua' melalui berbagai program seni-budaya, serta Pidato Kebudayaan 'Merawat Republik Dengan Akal Sehat' yang dihelat pada akhir tahun lalu, menegaskan kritik Dewan atas sikap diamnya pemerintah terhadap berbagai aksi kekerasan atas kelompok minoritas di tanah air," jelas Abduh Aziz, Sekjen Dewan Kesenian Jakarta.
Acara 'Pancasila Rumah Kita, A Tribute to Franky Sahilatua' yang bisa diikuti secara gratis bagi publik, rencananya akan ditutup dengan pembacaan pidato politik yang akan disampaikan pengamat politik dari Universitas Paramadina, Yudi Latif.

0 komentar: